LOJIGIS

 Loji Geo-Information Services

Spatial capacity building services



LojiGIS

create analyze share

 

 

Data

Berbagai bidang pekerjaan pasti memerlukan sebuah data sekecil apapun dan apapun bentuknya.  Data bahkan di beberapa kasus menjadi kunci utama dari baik atau tidaknya hasil dari sebuah pekerjaan, atau bahkan penyelesaian sebuah persoalan.  Data bisa ada yang sifatnya alami dan juga juga bisa yang sifatnya dibuat atau diproses dulu oleh manusia.

 

Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi komputer (digital), teknik-teknik dan metode pemrosesan data sangat berkembang dan banyak pilihan.  Jenis data tentu saja banyak, apa saja bisa jadi data tergantung dari siapa dan dari sudut pandang apa dilihat.  Hal ini juga karena sebuah data merupakan satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusian dewasa ini, dengan semakin banyak dan beragamnya data maka akan semakin memerlukan satu pengelolaan yang lebih baik.  Dalam teknologi komputer salah satu metode yang dikenal antara lain adalah database management atau pengelolaan basis data. 

 

Dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan informasi kebumian (geo-information) dan keruangan (spatial information), juga sangat memerlukan pengelolaan data dan database yang baik.  Data-data kebumian juga sangat banyak digunakan diberbagai bidang seperti perencanaan, perminyakan, pertambangan, ekonomi, dst.  Sehingga untuk bisa digunakan lintas sektor/bidang, data-data kebumian juga memerlukan satu sistem pengelolaan yang bisa difahami oleh siapapun. 

 

Selama ini orang telah banyak mengenal data kebumian lewat peta.  Peta yang dikenal banyak orang kebanyakan hanya menyajikan kenampakan fisik antara lain jalan, topografi, sungai, gunung,  laut dll., yang digambarkan dengan simbol-simbol, dibedakan dengan warna-warna dan dilengkapi dengan informasi skala (perbandingan jarak sebenarnya di lapangan dengan di kertas/peta), dst.  Contoh paling nyata adalah atlas Indonesia. 

 

Sebenarnya obyek di bumi ini yang bisa dipetakan tidak hanya yang bersifat fisik, namun juga yang non fisik seperti demografi (kependudukan), unsur sosial ekonomi, budaya, dll.  Serta tidak semua data kebumian bisa dikelola dengan peta.  Untuk itu tentunya diperlukan satu sistem pengelolaan informasi kebumian yang bisa mengintegasikan aspek peta dan non peta (database) dengan baik.  SIG merupakan salah satu jawabannya.

 

SIG

Sistem Informasi Geografis, yaitu satu metode pengelolaan data dan informasi kebumian berbasis komputer untuk membuat, menganalisis, dan menyajikan informasi kebumian dalam bentuk koordinat-koordinat peta, peta digital, dan database.  Metode ini sudah lama berkembang dan digunakan di berbagai bidang pekerjaan.  Bahkan metode pengambilan data permukaan bumi pun telah berkembang dengan adanya foto udara dan citra satelit, sehingga melahirkan pula metode pembuatan, pengolahan, dan pengelolaan foto udara/citra satelit secara khusus yang disebut Penginderaan Jauh atau Remote Sensing.

 

LojiGIS

Menyadari semakin berkembangnya kebutuhan akan kualitas data kebumian yang baik di berbagai bidang, maka lahirlah LojiGIS pada tahun 2008.  Untuk lebih memberikan kepastian legalitas, maka secara formal LojiGIS telah berbentuk sebuah CV sejak tahun 2009 dengan nama CV. Lojigis.  LojiGIS adalah geo-konsultan yang mandiri, independen dan profesional dalam bidang GIS, RS, dan pemetaan, berlokasi di Bogor Jawa Barat. Didukung oleh personil-personil yang handal dan telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam melakukan pemetaan, penggunaan SIG dan Inderaja diberbagai bidang.  LojiGIS mempunyai misi untuk lebih memasyarakatkan penggunaan peta dan cara berfikir spasial dalam kehidupan sehari-hari. 

 

LojiGIS melihat bahwa proses adanya data-data kebumian dimulai dengan proses pembuatan dan pengolahan data (create), kemudian dianalisis sesuai kebutuhan (analyze), lalu disajikan sesuai keperluan dalam berbagai media (share).  Itulah pula yang menjadi tag dan ruh kami dalam operasional, create - analyze - share. LojiGIS menyediakan dan memberikan layanan kepada siapa saja dan bidang apapun yang mempunyai kebutuhan seputar data-data kebumian, SIG, dan Inderaja.  Bahkan tidak hanya seputar data kebumian, mengingat berbagai bidang memerlukan pengetahuan dan kemampuan seputar SIG-Inderaja, LojiGIS juga memberikan layanan dan bantuan dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui berbagai Pelatihan SIG-Inderaja sejak tahun 2009.

 

Khusus untuk pelatihan, hal tersebut telah dibuktikan dengan perjalanan LojiGIS yang sudah melayani banyak pihak dari berbagai kalangan dan latar belakang dari seluruh Indonesia sejak tahun 2009, seperti yang bisa dilihat dari alumni pelatihan yang telah diselenggarakan. 

 

LojiGIS sangat berbeda dengan lembaga penyelenggara pelatihan lainnya.  LojiGIS menawarkan kepada anda suatu pendekatan berbeda dalam belajar SIG-Inderaja.  Suatu cara dan suasana baru dalam belajar SIG-Inderaja secara serius, rileks, dan santai namun tanpa kehilangan esensinya sebagai sebuah media belajar. 

 

Anda tentu saja tidak mau investasi uang, waktu, dan tenaga anda menjadi sia-sia untuk sebuah pelatihan yang pada akhirnya anda lupakan. Anda tentu tidak ingin datang jauh-jauh ke pelatihan GIS hanya sekedar menonton dan mendengarkan presentasi yang membosankan, yang pada akhirnya tidak merubah pengetahuan anda tentang SIG-Inderaja ataupun isu-isu kebumian lainnya. Buang jauh-jauh bayangan pelatihan SIG-Inderaja yang kaku, formal, dan begitu-begitu saja. Di LojiGIS anda akan menemukan media dan suasana belajar yang berbeda, suasana belajar dengan gaya anda! Dan tentu saja "sparing partner" belajar anda adalah praktisi SIG dan juga Inderaja yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Pelatihan LojiGIS berisi praktek dan diskusi yang dilakukan untuk bersama belajar mencari solusi dan jawaban atas permasalahan dan kebutuhan anda terkait SIG-Inderaja.  Baik itu untuk pekerjaan, kuliah, ataupun proyek anda, dll.

 

Pelatihan LojiGIS bukanlah presentasi kecanggihan software SIG-Inderaja, tetapi bagaimana mencari manfaat sebanyak-banyaknya dari SIG-Inderaja untuk kehidupan anda sehari-hari.

Kami memberikan beberapa pilihan media belajar GIS yaitu reguler training, inhouse training, dan private training.

 

Selengkapnya mengenai pelatihan-pelatihan dan geo-konsultan LojiGIS bisa anda dapatkan dengan menjelajahi bagian-bagian situs ini.